Pertolongan itu Milik Allah dan Kemenangan itu Dekat

Assalamu’alaikum, alhamduillah ‘ala kulli hal.

Segala puji bagi Allah atas segala sesuatu, atas segala kenikmatan, ukhuwah, kekuatan, harapan, dan atas segala kebaikan yang dijanjikan oleh Allah yaitu bagi orang orang yang mendapatkan keberuntungan di dunia.  Maka siapakah orang orang yang beruntung itu? Orang orang yang beruntung itu adalah orang yang oleh Allah diberikan hidayah sehingga dapat menjalankan apa apa yang diperintahkan Allah, dan menjauhi serta menjaga diri dari perbuatan yang dilarang dan dibenci Allah SWT. Itulah ciri ciri orang bertaqwa.

Suatu ketika ketika Umar  bin Khattab radhiallahu anhu sedang berbincang kepada kepada sahabatnya Ubay bin Ka’ab, beliau bertanya kepada Ubay bin Ka’ab. “Yaa Ubay, menurutmu apa itu taqwa?”. Lalu Ubay menjawab dengan balik bertanya kepada Umar. “Wahai Umar apakah engkau pernah melihat jalan yang berduri?”. “Ya aku pernah melihatnya”. Tangkas Umar. “Kalau begitu apa yang akan engkau lakukan jika melewati jalanan yang berduri itu?”. Umar menjawab, “Aku akan berjalan dengan sangat berhati hati supaya tidak tertancap duri itu.” Ubay bin Ka’ab lalu berkata. “Seperti Itulah taqwa”

Maka berhati hatilah dalam bertingkah laku dalam kehidupanmu.  Ketaqwaan seorang manusia tidak semata dengan merasakan kecintaan dan ketakutannya kepada Allah. Melainkan juga selalu merasakan kehadiran Allah kapan pun dan di mana pun dia berada. Kesadaran itulah yang akan meningkatkan kedekatan Allah di sisi kita. Kesadaran ini pula yang akan membuat kita selalu berhati-hati dalam bertutur kata, berperilaku dan bersikap. Selalu mengaitkan segala tutur kata, perilaku, dan sikap kita akan kehadiran Allah SWT. Itulah sebabnya taqwa disebut sebagai puncak pencapaian spiritual manusia di hadapan Allah SWT, sehingga kita dapat disebut sebagai pribadi muttaqin, pribadi yang sadar akan kehadiran Allah di sisi kita.

Wahai sahabat. Mari kita senantiasa meperbaharui ketaqwaan kita. Dengan kehati hatian dalam mengemban amanah. Melaksanakannya sebaik baiknya dan mengerjakannya dengan mengutamakan keridhaan Allah SWT semata. Pribadi yang demikian itulah, Allah menjajikan jalan keluar dari segala kesulitan yang dihadapinya. Karena pertanggungjawaban amanah itu tidak hanya akan perhitungkan di dunia saja. Melainkan di waktu yang lebih akurat dan terjamin kesempurnaan hitungannya yaitu yaumul hisab.

Ingatlah waktu itu terus bergerak dan tidak ada satupun manusia yang mampu untuk menghentikannya. Kecuali manusia itu sendiri berhenti dari ruhnya ataupun Allah sendiri yang akan menghentikannya dan menggantinya dengan waktu yang baru, yang disana manusia sudah tidak mempunyai kesempatan untuk menebusnya.

Kesuksesan hidup, terlaksananya amanah, mendapatkan rizki, dan segala keberkahan serta keberhasilan yang didapatkan didunia ini, bukanlah didapatkan dari seorang pribadi pribadi yang cerdas, pribadi pribadi yang cermat dan tajam analisisnya, pribadi pribadi yang mempunyai strategi strategi jitu, ataupun pribadi pribadi yang punya manajemen yang kuat. Melainkan oleh pribadi pribadi yang mempunyai kedekatan kepada Allah SWT. Karena tidak ada Dzat yang mampu memberikan pertolongan sebaik pertolongan yang diberikan oleh Allah SWT.

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (Q.S. Ath Thalaq : 2 )

Nashruminallahu wa fathun qarib. Pertolongan itu milik Allah dan kemenangan itu dekat!

Wallohu a’lam bi showab..

(20.45WIB  6 Juni 2011 @Sekre BSMI (Utara Tugu Yogya).. sambil nunggu mas antok bikin desain funbike)

Penulis: Fakhara Agam

besar, minus, 180cm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s